iklan atas

Saturday 7 November 2015

Apple atau Android?

Apple atau Android?


Apple atau Android?

Di era sekarang ini siapa sih yang yang gatau apa itu smartphone? (telepon pintar) yang pada awalnya telepon itu hanya memiliki 2 fungsi yaitu telpon dan sms. Namun, seiring perkembangan zaman kini fungsi telepon bukan hanya digunakan untuk menelpon dan sms saja, memfoto objek, video call, browsing dan banyak lagi. Setiap smartphone memiliki OS (operating system) atau sistem operasi yang digunakan processor yang akhirnya menghasilkan tampilan di layar smartphone anda sekarang. Ada 2 OS yang paling populer yaitu iOS dan Android. Seringkali orang bingung harus memilih yang mana diantara 2 OS yang populer tersebut, nah disini akan dibahas mengenai perbandingan iOS dan Android, Cekidot.

Perbedaan yang begitu terlihat dari kedua OS ini adalah “Pengembangnya”. OS Android memiliki sifat yang Open Source yang artinya pengguna bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan dan selera. Sedang iOS memiliki sifat yang berbalik dari Android yaitu Closed Source yang berarti kita sebagai pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS tidak bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan kita, namun disini pihak Apple sebagai pengembang mampu menyediakan aplikasi-aplikasi untuk melengkapi kebutuhan kita.

Keterbukaan Android malah bisa menjadi musibah buat kita, karena terlalu terbukanya hingga banyak tangan-tangan jahin yang berkeliaran untuk Android. Sedang disini iOS lebih terasa aman karena tertutup dan pihak Apple sangat bertanggung jawat terhadap ketangguhan perangkatnya. Selain itu perbedaan lain yang menyolok namun tidak begitu terasa adalah tombol yang dimiliki oleh iOS dan Android, iOS hanya memiliki tombol Home saja, sedang Android memiliki beberapa tombol diantaranya Home, Menu dan juga Back. Perbedaan ini terasa saat anda beralih perangkat dari Android menggunakan iOS atau juga sebaliknya.

Jika kita menilai secara sepintas pasti kita akan lebih memilih OS Android jika dibanding dengan iOS, karena bisa dirubah-rubah sesuai dengan keinginan kita, disamping itu juga harga jauh lebih murah jika dibanding dengan perangkat yang menggunakan OS iOS. Namun jika kita lebih mengutamakan ketangguhan dan keamanan perangkat, pasti kita akan cenderung memilih iOS, namun semua itu kembali pada anda yang bisa menentukan, pilihan anda adalah yang terbaik buat anda.

sekian mengenai pembahasan Apple atau Android?
Terima kasih
Location: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment